Ini dia Kuliner Solo yang 100% Wajib Dicoba

Posted on

Kuliner Solo mana sajakah yang sebaiknya Anda coba? Apabila waktu Anda terbatas, mungkin Anda tidak akan sempat mencoba semuanya. Karena itu kami berikan informasi mana saja yang sebaiknya Anda kunjungi, agar tidak menyesal.

Ini dia Kuliner Solo yang 100 Wajib Dicoba

Daftar Kuliner Solo yang Wajib Dicoba

  1. Timlo Sastro

Timlo Sastro Balong, kuliner yang beralamat di sudut dari Pasar Gedhe di Kota Solo ini menjual kuliner yang sangat lezat. Kuliner tersebut tidak lain adalah timlo komplit, Anda akan disajikan timlo lengkap dengan potongan hati ampela, sosis Solo asli, telur pindang, dan tidak lupa kuah bening dengan bumbu yang menggoyang lidah. Dapat dibilang bahwa kuliner Solo yang pertama kami rekomendasikan ini adalah kuliner legendaris, karena sudah berjualan semenjak 1952. Apabila sebuah kuliner bertahan beberapa puluh tahun, itu menunjukkan bahwa kuliner tersebut memiliki banyak pelanggan, dan rasanya sudah pasti enak. Kalau tidak mana mau pelanggan lama kembali lagi? Jam buka dari Timlo Sastro Solo mulai 06.30 – 15.30 WIB.

  1. Tengkleng Klewer Bu Edi

Yang kedua adalah Tengkleng Klewer Bu Edi. Ini adalah makanan khas Solo, apabila dilihat dari isinya, serupa dengan gulai, isinya full daging kambing. Bagi Anda penggemar daging kambing yang memiliki citarasa tajam, maka Tengkleng Klewer Bu Edi merupakan kuliner yang tepat! Dahulu kala tengkleng ini dimakan oleh orang miskin, sebab makanan ini memang banyak tulangnya dibanding daging. Tetapi seiring perkembangan jaman, tengkleng pun memiliki banyak penggemar, tidak hanya orang miskin saja, tetapi juga banyak orang yang berpendapatan cukup tinggi menyukai makanan ini. Apa Anda penasaran dengan rasa dari kuliner yang buka semenjak 1971 ini? Silahkan langsung saja mampir ke pasar Klewer Solo, tetapi jangan salah jam ya, datanglah mulai jam 13.00 – 16.00. Jangan telat karena nanti keburu kehabisan.

  1. Serabi Notosuman

Kuliner di kota Solo tidak hanya melulu makanan berat saja, tetapi juga ada makanan ringan atau snack. Kuliner ini sebenarnya banyak juga di kota lain, tetapi yang rasanya original ya Cuma di Serabi Notosuman. Karena penjaja kuliner ini sudah membuka lapaknya semenjak tahun 1923. Kuliner yang beralamat di Jalan Mohammad Yamin 28 Solo ini sekarang sudah buka cabang di kota lain. Memang hanya campuran santan dan tepung beras saja, tetapi karena dimasak dengan cara tradisional, dan komposisi yang tepat, rasanya tetap saja tidak kalah dengan berbagi makanan ringan modern sekarang ini. Kalau tertarik mencoba, langsung saja datang ke alamatnya, jam buka mulai jam 7 pagi.

  1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Bukan es dawet telasih biasa, karena selain menggunakan telasih, ternyata pak Jokowi yang memenangkan kursi presiden sampai 2x pernah ke sini juga! Es dawet ini isinya lengkap lho, dari bubur ketan hitam, tape ketan, bubur sumsum, biji telasih, hingga cendol. Harganya ga mahal kok, hanya Rp 8.000,- apabila seiring waktu naik, mungkin hanya selisih beberapa ribu saja, masih murah, mengingat kualitas rasanya yang oke punya!

Apabila Anda ada komentar, atau masukan mengenai kuliner Solo yang mantap lainnya, bisa berkomentar di postingan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *